Kamis, 26 Juli 2012

Pengantar Teknologi Game: Game Online

Game merupakan seubuah media yang dapat digunakan untuk melepaskan kepenatan dari rutinitas sehari hari. Terkadang game dapat membuat user atau pemainnya lupa waktu karena terlalu asyik atau merasa penasaran dengan game yang dimainkan. banyak sekali orang orang yang "kecanduan" bermain game terutama game online. Apakah sebenarnya game online itu? berikut akan saya jelaskan sedikit mengenai game online.
Game online adalah jenis permainan komputer yang memanfaatkan jaringan komputer (LAN atau Internet), sebagai medianya. Biasanya game online disediakan sebagai tambahan layanan dari perusahaan penyedia jasa online atau dapat diakses langsung melalui sistem yang disediakan dari perusahaan yang menyediakan permainan tersebut. 
Menurut Andrew Rollings dan Ernest Adams,game online lebih tepat disebut sebagai sebuah teknologi dibandingkan sebagai sebuah genre permainan, jkarena mekanisme dari game online adalah menghubungkan pemain secara bersama sama dibandingkan pola tertentu dalam sebuah permainan (Rolling & Adams, 2006: 770). 
Game online terdiri dari beberapa jenis, mulai dari permainan sederhana berbasis teks hingga permainan yang menggunakan grafik kompleks dan membentuk dunia virtual yang ditempati oleh banyak pemain sekaligus. Didalam game online terdapat dua unsur yang penting yaitu client dan server. Server melakukan administrasi permainan dan menghubungkan client, sedangkan client adalah pengguna permainan yang memakai kemampuan server.

Dampak Permainan Game Online

Dampak Positif

  • Melalui jaringan internet, memungkinkan pemain untuk melakukan sosialisasi virtual tanpa dibatasi ruang dan waktu. Bukan hal langka lagi ketika seorang pemain permainan daring menjalin hubungan pertemanan bahkan pernikahan yang bermula dari bermain game online bersama.
  • Permainan daring seringkali menuntut pemainnya untuk menyusun strategi dalam waktu singkat sehingga permainan yang tepat dapat melatih respon dan kecepatan berpikir seseorang. Hasil penelitian University of Rochester di New York, Amerika menyebutkan bahwa para pemain memiliki fokus yang lebih terhadap apa yang terjadi di sekelilingnya, jika dibandingkan dengan mereka-mereka yang jarang main game, apalagi yang tidak main sama sekali.[6]
  • Permainan daring jika dimanfaatkan dapat membuka peluang bisnis dan lahan mandapatkan penghasilan tambahan. Misalnya saja dengan menjadi pengusaha game centre, berjualan voucher permainan, atau bahkan melakukan transaksi jual beli melalui permainan.

Dampak Negatif

  • Sosialisasi fisik berkurang, karena pemain lebih banyak menghabiskan waktu untuk bersosialisasi di dunia maya.
  • Permainan daring dimainkan melalui komputer, yang mengeluarkan spektrum cahaya yang dapat merusak mata jika dipandangi terus-menerus tanpa istirahat.
  • Beberapa permainan daring memerlukan biaya untuk memainkannya, misalnya dalam kategori permainan pay-to-play atau sekedar biaya penyewaan komputer di warnet atau game centre. Apabila tidak diorganisir dengan baik, permainan daring dapat menghabiskan biaya cukup besar.
  • Permainan daring dapat mengacaukan manajemen waktu jika tidak diatur dengan baik. Banyak kasus di mana pemain yang kecanduan permainan daring bermain hingga lupa waktu dan melalaikan segala tanggung jawab dan pekerjaannya di dunia nyata, seperti bolos sekolah.
referensi: http://id.wikipedia.org/wiki/Permainan_daring
               http://rizkiekasatria.wordpress.com/2011/02/25/klasifikasi-game/

1 komentar:

  1. wah lengkap sekali kang artikelnya.. kebetulan saya ada tugas tentang teknologi game.. buat referensi nih.. terima kasih ya.. ^^

    BalasHapus