Kamis, 26 Juli 2012

Pengantar Teknologi Game: Elemen dalam Game

Elemen dalam game yang akan dibahas berikut ini adalah hal hal apa saja yang bisa terjadi di dalam game dan hal hal yang membuat pemain merasa ingin bermain game tersebut berulang ulang kali. berikut pembahasannya.

Seorang perancang game yang bernama Chris Crawford (1982) menyimpulkan beberapa elemen yang terdapat dalam game adalah sebagai berikut:
- Conflict
Muncul secara alami dari interaksi didalam game dimana pemain secara aktif mengejar beberapa tujuan. Rintangan mencegah pemain dalam mencapai tujuan dengan mudah. Apabila rintangan secara aktif atau dinamis dibuat untuk merespon pemain, tantangan tersebut adalah game, sehingga rintangan atau penghalang ini memerlukan kecerdasan untuk menghalangi pemain mencapai tujuan.
- Interaction
Media seperti lukisan merepresentasikan realitas secara statis, beberapa media seperti film, musik dan tarian dengan dinamis memperlihatkan perubahan seiring waktu. Yang menarik dari realitas adalah bagaimana hal tersebut berubah, dalam sebuah webwork yang rumit dengan sebab dan akibat dimana segala sesuatu terikat satu sama lain. Cara paling tepat untuk menjelaskan webwork ini adalah dengan membiarkan pengguna untuk menjelajah setiap celah dalam web dan membiarkan pengguna mengamati efek dari penjelajahan mereka.
- Representation
Game adalah sistem formal yang tertutup secara subyektif menggambarkan bagian dari kenyataan, dikatakan tertutup karena game memiliki kelengkapan struktur yang mandiri. Sebuah game menciptakan representasi subjektif dan sengaja disederhanakan dari realitas emosional. Game bukan sebuah representasi yang akurat dari realitas objektif, akurasi objektif hanya diperlukan untuk mendukung fantasi pemain. Fantasi pemain merupakan kunci utama dalam membuat game secara psikologis terasa nyata.
- Safety
Conflict menyiratkan bahaya, bahaya berarti resiko menyakitkan yang tidak diinginkan. Karena itu, game adalah cara cerdas yang menyediakan pengalaman psikologis dari conflict dan bahaya yang tidak mempengaruhi fisik pemain.
Keempat elemen tersebut mengisyaratkan bahwa untuk membuat game yang “bagus dan menarik” harus melalui beberapa perencanaan yang matang dan dilengkapi dengan kecerdasan buatan yang dimiliki game agar pemain merasa tertantang dan tidak bosan untuk memainkan game tersebut. Karena semakin mudah dan cepat game dapat ditamatkan, maka semakin cepat pula game tersebut akan ditinggalkan oleh pemainnya, begitu pun sebaliknya.
 
sekian sedikit penjelasan mengenai elemen dalam game semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.
 
referensi: http://andi0309.blogspot.com/2012/07/pengantar-teknologi-game-elemen-dalam.html#more

Tidak ada komentar:

Posting Komentar