Berdasarkan tulisan yang sudah pernah saya buat sebelumnya bahwa desain pemodelan grafik terdiri dari 3 kata yang berbeda dan distukan sehingga mengandung arti perencenaan bentuk dari obyek yang akan dimanipulasi menggunakan perangkat lunak komputer. Desain pemodelan grafik menggunakan bantuan perangkat lunak komputer.
Pemodelan grafik yang kita kenal adalah grafik computer 2D, 3D,
pemrosesan citra, dan pengenalan pattern. Ternyata desain pemodelan grafik tidak hanya digunakan dalam memnipulasi gambar dalam hal entertaining ataupun untuk hiburan semata. Akan tetapi desain pemodelan grafik juga digunakan untuk hal hal seperti dibawah ini :
- Peta digital
- Kesehatan
- Perancangan objek
- System multimedia
- Presentasi grafik
- Presentasi saintifik
- Pemrosesan citra, dan
- Simulasi.
Jika berbicara mengenai desain pemodelan grafik tentunya kita berbicara mengenai visualisasi atapun grafis dari sebuah gambar. Kualitas dari sebuah gambar yang diolah memiliki 2 type yaitu bitmap dan vektor.
vektor
Vector adalah gambar yang dibuat dari unsur garis dan kurva
yang disebut vector. Kumpulan dari beberapa garis dan kurva ini akan
membentuk suatu obyek atau gambar. Pada gambar vector, apabila di
perbesar maka gambar tersebut tidak akan pecah. Hal ini dikarenakan
gambar vector menggabungkan titik dan garis untuk menjadi sebuah
obyek,sehingga gambar tidak akan pecah biarpun diperbesar atau
diperkecil. Vector menampilkan sebuah gambar berdasarkan perhitungan
koordinar geometris gamabar tersebut. Tampilan gambar vector walaupun
bersifat relative lebih kaku dari pada tampilan birmap akan tetapi
kaulitasnya tidak bergantung pada resolusi gambar.
Contoh teknologi
dari penggunaan gambar vector adalah salah satunya pembuatan
stiker/cutting sticker. Berbeda dengan bitmap dimana program program
yang dimilikinya sebagian besar dipusatkan untuk pengeditan sedangkan
pada program aplikasi vector diperuntukkan untuk gambar dengan tepi yang
tajam dan pembuatan gambar dari awal. Pada pembuatan cutting sticker
terdapat alat yang di koneksikan dengan computer yang nantinya user akan
menggunakan aplikasi vector seperti CorelDraw untuk membuat gambar
berbasis vector setelah itu mesin cutting sticker akan mencetak hasil
buatan kita tersebut.
Bitmap
Bitmap adalah representasi dari
citra grafis yang terdiri daei susunan titik yang tersimpan di memori
computer. Bitmap merupakan kategori grafik kaya warna dan tersusun dari
pixel pixel yang kita sebut sebagai resolusi. File gambar dengan
resolusi lebih jernih maka memiliki ukuran file yang jauh leih besar
juga. Bitmap sangat tergantung pada besaran resolusi. Semakin besar
resolusi suaru gambar bitmap maka semakin baik kualitas dan ukuran
filenya. Perbedaannya dengan gambar vector adalah, pada bitmap apabila
gambar di perbesar maka kualitas gambar nya akan pecah. Hal ni
dikarenakan bitmap terbentuk dari pixel pixel yang memiliki warna
tertentu. Semakin banyak jumlah dalam suatu gambar maka gamabar yang
dihasilkan akan semakin bagus. Beebrapa teknologi yang menggunakan
prinsip bitmap adalah salah satunya pencetakan foto digital. Sebagai
contoh kita gunakan salah satu aplikasi grafis bitmap seperti Adobe
Photoshop. Pada Adobe Phtoshop kita dapat mengedit photo sesuai dengan
keinginan kita. Kita bisa mengatur brightness atau pun darkness pada
foto yang kita edit sehingga hasilnya dapat sesuai dengan keinginan
kita. Selain itu juga kita bisa memperhalus gambar agar semakin indah
dilihat. Itulah salah satu keunggulan teknologi Bitmap. Contoh lain dari
aplikasi bitmap adalah Microsoft Photo Editor, Macromedia Fireworks dan
lain sebagainya. Semua program tersebut menawarkan kemudahahn dan
kelengkapan fiturnya.
untuk lebih jelasnya dapat dibaca disini .
Tidak ada komentar:
Posting Komentar